Mahasiswa S2 Pendidikan Bahasa Jawa Raih Medali Emas di Kompetisi Internasional

Meinita Istantiani, mahasiswa S2 Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa, Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya, Universitas Negeri Yogyakarta, sebagai wakil Indonesia,  meraih medali emas di ajang bergengsi “1 Idea 1 Word” International Innovation, Design, and Startup Competition yang diadakan di Istanbul, Turki. Lomba ini digelar secara hybrid selama dua hari pada 28-29 April.

Meinita mengetuai timnya yang juga beranggotakan mahasiswa UNY dari Program Studi S2 Pendidikan Sejarah, Murliana. Tim ini juga diperkuat oleh dosen-dosen UNY, yakni Prof. Dr. Drs. Suwarna, M.Pd. dan Prof. Dr. Suranto Aw., M.Pd., M.Si.. Pembimbing perlombaan adalah Prof. Dr. Dra. Sri Harti Widyastuti, M.Hum. yang saat ini menjabat sebagai Kaprodi S2 Pendidikan Bahasa Jawa UNY.

Meinita berserta timnya mempresentasikan “Outing Class: An Effort to Improve Historical Thinking and Love of Culture.” Konsep ini memadukan pembelajaran sejarah dan budaya melalui kegiatan luar kelas.  Bahasa Jawa yang merupakan bagian dari budaya Jawa dapat dielaborasikan dengan pembelajaran sejarah karena keduanya saling berkaitan. Pembelajaran outing class (di luar kelas)  dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi peserta didik belajar sejarah dan bahasa Jawa sebagai bagian dari kebudayaan Jawa. Pembelajaran dilakukan dengan cara membawa peserta didik ke tempat-tempat bersejarah seperti museum dan Keraton Yogyakarta.

Atas konsep yang diusungnya, Meinita dan kawan-kawan berhasil mengalahkan peserta dari 24 negara lain. Selain memperoleh medali emas, Meinita dan timnya juga turut membawa pulang special award.

Ndherek bingah, Mbak Meinita!