Dosen Pendidikan Bahasa Jawa Hadiri The Third APPBIPA Thailand

Dosen Pendidikan Bahasa Jawa FBSB, UNY mengikuti The Third APPBIPA-THAILAND (Indonesian Teacher’s Association in Thailand) Conference in Indonesian Language & Culture for Non-Native di Thailand. Dosen yang mengikuti konferensi berskala internasional ini adalah Avi Meilawati, S.Pd., M.A. Konferensi ini digelar di KBRI Bangkok selama dua hari pada tanggal 1-2 Juni 2023 atas kerja sama Kedutaan Besar Indonesia dengan APPBIPA-THAILAND. Konferensi APPBIPA-THAILAND Ketiga bertujuan untuk mempertemukan para akademisi dan praktisi guna mengatasi permasalahan perkembangan pengajaran bahasa Indonesia di Thailand Selatan secara komprehensif.

Dalam konferensi tersebut, Avi Meilawati, S.Pd., M.A. memaparkan makalah yang berjudul “Understanding Javanese Culture as a Strengthener for BIPA Learning in Yogyakarta.” Makalah ini mendisukusikan peran Yogyakarta sebagai pusat kebudayaan Jawa sehingga budaya tersebut sangat dekat dalam kehidupan masyarakat, termasuk dalam pembelajaran di berbagai tingkat pendidikan. Kearifan lokal Yogyakarta dapat diintergariskan dalam pembelajaran BIPA khususnya yang terselenggara di Yogyakarta.

Kedepannya, dosen-dosen lain diharapkan dapat berpartisipasi di konferensi serupa sebagai usaha meningkatkan citra dan meneguhkan eksistensi Prodi Pendidikan Bahasa Jawa di ranah internasional.