Pendampingan Desa Rintisan Budaya Donokerto oleh Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Jawa

Sleman, 10 Agustus2023 - Dalam upaya untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan di tingkat lokal, sebuah inisiatif pendampingan untuk perintisan desa budaya telah diluncurkan di Desa Donokerto, Turi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Program inovatif ini bertujuan untuk menyebarkan hasil penelitian dosen, serta meningkatkan kualitas hidup dan keberlanjutan budaya di desa tersebut.
Program pendampingan ini melibatkan sejumlah dosen yang memiliki keahlian dalam berbagai bidang, seperti seni pertunjukan tradisional dan pelestarian warisan budaya. Mereka bekerja sama dengan warga lokal untuk merancang dan melaksanakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan, melestarikan, dan mengembangkan warisan budaya Desa Donokerto.
Kegiatan pendampingan ini mencakup berbagai aktivitas, mulai dari pendampingan penyusunan cerita tradisional Sendang Kumitir, pertunjukan tradisional hingga pembuatan roadmap kegiatan adat tradisi. Program ini bukan hanya tentang menyebarkan pengetahuan, tetapi juga tentang menciptakan sinergi antara dunia akademisi dan kehidupan nyata masyarakat. Dengan pendekatan kolaboratif ini, diharapkan Desa Donokerto dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya dalam upaya melestarikan dan mengembangkan budaya lokal.