Kejawen: Jurnal Kebudayaan Jawa, Ikon Prodi untuk Publikasi Ilmiah

Yogyakarta, 12 Oktober 2020, Prodi Pendidikan Bahasa Jawa merilis Jurnal dengan akses terbuka (open acces) yang dapat diakses oleh masyarakat luas. Akses terhadap jurnal tersebut dapat dilakukan dengan masuk ke dalam lama website jurnal, yaitu https://journal.uny.ac.id/index.php/kejawen/index. Jurnal Prodi ini merupakan jurnal lama yang dahulu sudah pernah diterbitkan secara berkala dengan publikasi cetak. Kejawen: Jurnal Kebudayaan Jawa, nama yang diangkat sebagaimana nama jurnal cetak yang telah terbit dahulu. Jurnal ini sudah beberapa waktu vakum dari publikasi ilmiah berkala, sudah beberapa tahun terakhir jurnal tidak dikelola dengan baik. Prof. Dr. Suwardi Endraswara, M.Hum., selaku ketua tim redaksi kemudian bersama-sama dengan tim mencoba melakukan perubahan dengan mengubah pengelolaan jurnal yang bersifat cetak menjadi jurnal berbasis online dengan akses terbuka.

Perubahan layanan dengan pengelolaan berbasis Open Journal System (OJS) diharapkan dapat membuka kembali ruang publikasi ilmiah berkala yang lebih teratur. "Dengan adanya website Kejawen ini, maka Kejawen bisa dilihat dan diakses oleh publik secara luas, dimana pun dan kapan pun",  sebagaimana disampaikan oleh Prof. Dr. Suwardi Endraswara, M.Hum., selaku ketua tim redaksi. Tim Redaksi Jurnal juga telah diperbaharui, dimana reviewer yang dilibatkan berasal dari berbagai institusi ternama serta dengan reputasi publikasi yang meyakinkan. Pengelolaan jurnal dengan OJS ini akan menjadi sebuah ikon di bidang publikasi untuk prodi. Tuntutan publikasi yang semakin tinggi serta tuntutan pengelolaan layanan yang berbasis online juga turut menjadi pendorong untuk terus mengembangkan website jurnal secara berkala.

Kejawen, sebagaimana namanya yang diusung, yaitu Jurnal Kebudayaan Jawa, maka menyiapkan ruang publikasi untuk hasil-hasil penelitian dalam bidang bahasa, sastra, filologi, seni, dan kebudayaan Jawa. Kejawen menjadi wadah untuk publikasi terbuka bagi para akademisi, peneliti, dosen, mahasiswa dan akademisi lainnya. Kejawen, akan mulai menerbitkan publikasi artikel secara online mulai awal tahun 2021 dengan dua terbitan dalam pada setiap tahunnya. Diharapkan Kejawen akan segera terindeks dan terakreditasi, sehingga menjadi jurnal publikasi yang bereputasi baik nasional maupun sampai internasional. Tentunya masih sangat jauh angan-angan dan harapan tersebut, akan tetapi tim redaksi yakin dengan dimulainya pengelolaan website jurnal OJS ini akan terus berkembang sesuai dengan standar yang ada. (Doni D. Hartanto)