Klinik Aksara: Pelatihan Aksara Jawa bagi Siswa-siswi SMA 1 Seyegan | ꦏ꧀ꦭꦶꦤꦶꦏ꧀ꦲꦏ꧀ꦱꦫꦗꦮ

Yogyakarta, 22 Desember 2023 – Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa, melalui program Rumah Budaya, kembali mengadakan pelatihan bahasa Jawa di lembaga pendidikan. Kali ini mahasiswa melaksanakan program pelatihan aksara di SMA 1 Seyegan, Sleman, D.I. Yogyakarta. Pelatihan yang bertajuk “Klinik Aksara” merupakan inisiasi dari kepala sekolah SMA 1 Seyegan agar peserta didiknya lancar menulis dan membaca aksara Jawa. Pelatihan ini dilaksanakan selama dua minggu mulai tanggal 11 Desember sampai dengan 21 Desember dan diikuti oleh siswa-siswa kelas X dan kelas XII. 
Selain bertujuan untuk menigkatkan kompetensi peserta didik dalam membaca dan menulis aksara Jawa, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk melestarikan budaya Jawa. Aksara Jawa sebagai bagian dari budaya Jawa tak hanya berisi huruf-huruf saja. Akan tetapi terdapat filosofi, nilai luhur, dan sejarah yang harus dipahami kemudian diinternalisasi oleh generasi muda.
Dengan semangat melesetarikan budaya Jawa, program pelatihan Klinik Aksara ini diharapkan membawa dampak yang lebih besar dan positif bagi para peserta serta masyarakat luas. Untuk mendapatkan dampak yang luas, maka keberlanjutan program ini juga harus diperhatikan. Fatkur Rohman Nur Awalin, M.Pd. sebagai dosen pendamping kegiatan ini mengatakan “kegiatan klinik aksara Jawa perlu usaha sadar, konsisten, dan keberlanjutan supaya generasi muda lebih mengenal akasara Jawa dan bisa membacanya.”