Prodi Pendidikan Bahasa Jawa Gelar Program Rumah Budaya di SD Montessori Kalyca Bintaran

Yogyakarta, 14 Oktober 2023 - Selama bulan September-Oktober, setiap hari Jum’at, Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa mengadakan kegiatan Rumah Budaya sebagai bentuk peneguhan eksistensi Prodi. Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai upaya untuk melestarikan dan menyebarluaskan bahasa dan budaya Jawa. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa dengan SD Montessori Kalyca Bintaran.
Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara memberikan pelatihan kepada peserta didik SD di empat kelas yang dibagi menjadi dua kategori, yaitu upper dan lower. Materi-materi yang diajarkan adalah dolanan tradisional, tembang dolanan, unggah-ungguh basa, pengenalan tokoh wayang, dan pementasan budaya . Selama kegiatan, selain diberkan materi bahasa Jawa, peserta didik juga diberikan kesempatan untuk berlatih langsung dalam berbicara dan bernyanyi  bahasa Jawa. Tak hanya itu, peserta didik juga berlatih menampilkan kesenian Jawa melalui pementasan di akhir pertemuan.
Kegiatan ini diharapkan menjadi awal dari serangkaian kegiatan yang akan dilakukan oleh Prodi Bahasa Jawa UNY dalam upaya meneguhkan eksistensinya dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Harapannya, kegiatan Rumah Budaya akan terus dilaksanakan dengan bekerja sama dengan instansi-instansi lainnya.