PAK Hima Jawa 2015 : Jiwa Mudha Nuladha Ing Watak Satriya

FBS-Karangmalang. Senin (30/11/2015) Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jawa (Hima Jawa) menyelenggarakan Pentas Akhir Kepengurusan (PAK) dengan mengangkat tema “Jiwa Mudha Nuladha Ing Watak Satriya” yang bertempat di Stage Tari FBS UNY. Menurut Miko Aliadi selaku Penanggung Jawab dalam acara ini, PAK merupakan pementasan sebagai ungkapan salam terakhir dari teman – teman pengurus Hima Jawa pada periode tersebut. PAK juga dapat dijadikan wadah bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Daerah (PBD) khususnya dan bagi mahasiswa FBS umumnya untuk menampilkan bakat dan minatnya dalam rangka pelestarian budaya Jawa.
Acara ini dibuka pukul 20.00 WIB oleh Bagus Aditya (mahasiswa PBD 2014) selaku Ketua Panitia. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Dekan III FBS, yakni Dr. Kun Setyaning Astuti, M.Pd.
Pada awal acara, pementasan ini dimeriahkan oleh penampilan musikalisasi puisi oleh Teater Mishbah dari mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) dan Sasmita dari Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia (KMSI). Hal ini menunjukkan bahwa tak hanya mahasiswa PBD saja yang mengisi dan menyajikan acara, namun mahasiswa se-FBS pun memiliki kesempatan untuk menyalurkan karya dan apresiasinya melalui pementasan ini.
Kemudian, acara yang diadakan setiap tahun ini dilanjutkan dengan pengumuman kejuaraan dan pembagian hadiah dari berbagai lomba yang diselenggarakan sebelumnya yang merupakan rangkaian acara untuk menyambut PAK kali ini. Diantaranya lomba geguritan, lomba mading, karaoke jawa, cerdas cermat, futsal, dan kelas terkompak yang telah diikuti oleh seluruh mahasiswa PBD. Para penonton tampak berantusias menunggu nama mereka maupun kelas mereka disebut oleh pembawa acara sebagai pemenang.
Dalam kesempatan yang sama, penampilan Edsakustik yakni tim musik dari himpunan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, atau juga disebut English Department Student Association (EDSA) merupakan suguhan yang menarik dalam pementasan ini.
Pada akhir sesi, acara ditutup dengan pementasan Kethoprak yang merupakan puncak acara dalam perayaan ini. Pementasan kethoprak tersebut merupakan persembahan yang sangat luar biasa dari mahasiswa PBD yang menampilkannya dengan penuh totalitas dari setiap unsur pementasan didalamnya. Yakni, baik dari akting para tokohnya, kostum, setting, hingga tim karawitan yang terus mengiringi jalannya cerita. Sukses selalu untuk Hima Jawa! (Eri/HumasFBS)