Mahasiswa PBD Raih Juara 3 Pemilihan Duta Bahasa DIY 2020

Yogyakarta-Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jawa kembali mengukir prestasi, kali ini diajang pemilihan Duta Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta 2020. Muhammad Sholeh Mauluddin, mahasiswa Pendidikan Bahasa Daerah, Fakultas Bahasa dan Seni angkatan 2016 berhasil menjadi Juara 3 dalam Pemilihan Duta Bahasa DIY 2020 yang dilangsungkan di Hotel Harper Malioboro Yogyakarta, Jumat (28/8/2020). Pemilihan Duta Bahasa yang diselenggarakan Balai Bahasa DIY ini diikuti peserta yang berasal dari berbagai universitas di Yogyakarta, seperti UNY, UGM, UPN, UAD, UIN, Stikes, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, serta universitas lainnya.

Keikutsertaan Didin, sapaan akrabnya, dalam Pemilihan Duta Bahasa 2020 berawal dari seleksi hingga audisi yang digelar. Ajang ini bertujuan untuk mencari sosok pemuda yang bisa menjadi representasi generasi muda untuk melestarikan Bahasa di era sekarang ini, yakni mengutamakan Bahasa Indonesia, melestarikan Bahasa Daerah, dan menguasai Bahasa Asing.

Setelah tiga minggu mengikuti proses dari awal pendaftaran hingga mengikuti banyak tes seperti uji bakat, test Psikologi, test Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) dan juga membuat program kerja, akhirnya Didin dapat meraih juara 3 pada malam penobatan Duta Bahasa DIY 2020. Didin sangat tidak menyangka bahwa ia akan lolos sampai tahap Grand Final dan menadapatkan juara 3.

Tags: