Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UNY-Unnes

Yogyakarta, 31 Maret 2021--Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah FBS UNY berkolaborasi dengan Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Unnes menyelenggarakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program MBKM ini dilakukan dengam melakulan Transfer Kredit Mata Kuliah Sosiolinguistik dengan Pengampu Dr. Prembayun Miji Lestari, M.Hum. (Unnes) dan Doni Dwi Hartanto, M.Pd. (UNY). Program kolaborasi ini telah direncanakan beberapa waktu sebelumnya untuk mengadakan pertukaran mahasiswa antar kedua jurusan.

Acara pembukaan dilakukan pada hari Rabu, 31 Maret 2021 oleh Kaprodi Pend. Bahasa Jawa UNY, Dr. Afendy Widayat, M.Phil. Beliau memberikan pengarahan terkait dengan kegiatan kolaborasi yang akan diselenggarakan tersebut agar dapat mencapai luaran yang optimal. Acara dilanjutkan dengan pengenalan dan sosialisasi program yang akan dilaksanakan dalam perkuliahan oleh Dr. Prembayun Miji Lestari, M.Hum. selaku dosen pengampu sekaligus Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Unnes.

Program MBKM dengan Transfer Kredit Mata Kuliah Sosiolinguistik tersebut direncanakan untuk berlangsung selama enam pertemuan. Hal tersebut diambil mengingat jumlah pertemuan yang telah ditempuh kedua jurusan berbeda. Mahasiswa yang berasal dari UNY merupakan mahasiswa pada semester 6, sedangkan mahasiswa dari Unnes berada pada semester 4. Output atau luaran mata kuliah juga telah disepakati untuk membuat buku teori praktis terkait dengan mata kuliah Sosiolinguistik. Program perkuliahan yang dilaksanakan pun disesuaikan dengan jadwal dari masing-masing jurusan, yaitu pada hari Rabu pukul 07.30 WIB untuk kelas UNY, dan hari Jumat pukul 09.00 WIB untuk kelas Unnes. Program transfer tersebut mulai berjalan pada minggu pertama bulan April 2021 sesuai dengan jadwal masing-masing. (Doni D. Hartanto)